Friday 5 June 2015

Kenapa Allah Merahasiakan Kematian Kita?




Asslamu’alaikum wr.wb
Kali ini ane mau ngebahas sedikit mengenai perahasiaan kematian. Ane dapat inspirasi buat nulis ini pas kemarin Senin ane ikut kuliah Pendidikan Agama Islam. Yuk gan, silahkan dibaca dan semoga bermanfaat. 
Kematian adalah suatu kejadian yang terjadi sekali dalam hidup sekaligus mengakhiri hidup. Kematian terjadi pada apa saja yang bernyawa, baik manusia, binatang, maupun tumbuhan. Kita tak pernah tahu kapan kita akan mati, iya kan? Kita hanya tahu tanda-tandanya saja selama sekian hari sebelum mati, tanpa tahu penyebab yang membuat kita mati. Lalu kenapa Allah tidak menujukkan saja penyebab apa yang membuat kita berpisah dengan nyawa? Andaikata Allah menunjukkan, bukankah semua manusia akan mati dalam keadaan berbuat baik?
Itulah yang pernah terlintas di pikiran ane sebelum ane mendapatkan penjelasan dari dosen Pendidikan Agama Islam, gan. Namun kali ini ane sudah dapat sedikit pencerahan..Ceiilaahh... :D
Allah merahasiakan kematian pasti ada alasannya. Seperti dalam firmannya Surat Al Anbiya’ (21) :35 yang artinya
”Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kami lah kamu akan di kembalikan.”
Kita juga tak tahu kapan dan dimana kita akan meregang nyawa. “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat; dan Dialah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yag ada di rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” QS Luqman (31): 34


Bisa dibayangkan jika hari ini tiba-tiba agan bermimpi mati ketika bersentuhan dengan air atau saat makan. tentu saja agan akan takut mandi, cuci tangan, bahkan minum. jika seperti itu, agan jelas-jelas akan mati dalam arti yang sebenarnya dimana agan otor dan kekeringan tanpa air. atau misalnya agan takut karena akan mati ketika makan, jelas agan memang akan mati tapi bukan karena sedang makan, tapi nggak mau makan. 

Nah, dari penjelasan di atas tentulah kita sadar mengapa Allah merahasiakan kematian kita. Hal itu agar kita tidak berperilaku baik hanya menjelang dikunjungi malaikat Izrail dan juga tidak menyiksa diri sendiri.

No comments:

Post a Comment

kritik dan sarannya semogaa bisa membantu :)

Followers